Mahasiswa Batubara Yogyakarta Diharapkan Turut Berperan dalam Pembangunan Daerah

- Selasa, 15 Februari 2022 | 11:14 WIB
Mahasiswa Batubara Yogyakarta ketika mengadakan pelantikan pengurus, Minggu (13/2). (Dokumentasi tim IKAMBARA YK)
Mahasiswa Batubara Yogyakarta ketika mengadakan pelantikan pengurus, Minggu (13/2). (Dokumentasi tim IKAMBARA YK)

SLEMANNEWS.COM- Jumlah mahasiswa Kabupaten Batubara, Sumatera Utara yang mengenyam pendidikan di Jogja mencapai angka 150 orang.

Para mahasiswa yang merupakan generasi penerus dan profesional diharapkan turut mengambil peran dalam membangun daerah asalnya.

Khususnya daerah pedesaan, dipastikan kebutuhan sumber daya manusia yang profesional akan dibutuhkan dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga: Gelar Pelantikan Pengurus Organisasi IKAMBARA Yogyakarta, Singgung Kontribusi Mahasiswa untuk Daerah Asal

Pasalnya tidak semua mahasiswa yang berkuliah di luar daerah memiliki keinginan untuk kembali ke daerah asal dan membangun daerahnya.

Pada kesempatan pelantikan dan pengukuhan pengurus organisasi mahasiswa Batubara
di Yogyakarta (Ikambara YK) Putri Dwi Kusuma, selaku ketua organisasi Ikambara mengingatkan rekan-rekannya untuk tidak melupakan daerah asal.

Para mahasiswa yang berkuliah di Jogja harus bisa memantaskan diri dan mengambil peluang yang sudah disediakan oleh kabupaten batubara.

Baca Juga: Pelantikan Pengurus Ikatan Mahasiswa Batubara Yogyakarta (IKAMBARA) : Siap Berkontribusi ke Daerah

Seperti yang diketahui, di kabupaten batubara terdapat perusahaan yang bergerak di bidang peleburan aluminium yaitu PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM).

Selain INALUM, terdapat juga Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung yang sudah dibangun sejak 2015.

Kabarnya Pelabuhan Kuala Tanjung akan menjadi pelabuhan terbesar di Indnesia Barat dan lebih besar dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Baca Juga: Dinilai Kurang Optimal Kepengurusan IKAMBARA 2020-2021. Aktivis Omnibus Law Zukri Al-Siddiq Angkat Bicara!

Aset-aset daerah tersebut dapat dijadikan sebuah peluang untuk berkontribusi bagi daerah, dan dapat menjadi penunjang kemajuan.

"Sebagai aset materi yang akan menunjang kemajuan daerah batubara namun apabila kemajuan itu tidak dilihat sebagai peluang bagi setiap anak mudanya bagi setiap mahasiswa bagi setiap warga dan masyarakat Batubara. Maka peluang ini bukan menjadi peluang lagi tapi akan menjadi rencana dan justru malapetaka," ucap Putri Dwi Kusuma dalam sambutannya pada pelantikan pengurus Ikambara, Minggu (13/2//22).

Baca Juga: 3 Tahap Perbaiki Kesehatan Tubuh Secara Alami Ala Dokter Zaidul Akbar

Halaman:

Editor: Dini Fadhillah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X