• Senin, 26 September 2022

Serikat Pekerja Indonesia Siap Layangkan Gugatan Terkait Permenaker JHT ke Pengadilan Tata Usaha Negara

- Rabu, 16 Februari 2022 | 14:52 WIB
Buntut dari polemik Permenaker yang mengatur JHT, Serikat Pekerja Indonesia layangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). (Pexels)
Buntut dari polemik Permenaker yang mengatur JHT, Serikat Pekerja Indonesia layangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). (Pexels)

SLEMANNEWS.COM - Buntut dari polemik Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 perihal pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) di usia 56 tahun, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar aksi di depan kantor Kementerian Ketenagakerjaan.

Massa KSPI mendesak agar aturan tersebut dimushankan karena berpotensi meresahkan rakyat kecil, khususnya kaum buruh. 

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, menegaskan pihaknya akan melayangkan gugatan perihal Peraturan Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 2 Tahun 2022 tersebut ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Baca Juga: Pemerintah Kota Jogja Adakan Evaluasi Terkait Munculnya Parkir Liar di Kawasan Teras Malioboro I dan II

"Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 melawan PP Nomor 60 Tahun 2015. Kami akan mengajukan PTUN," ungkap Said Iqbal.

Said Iqbal juga menyebut Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah sudah melawan Presiden Joko Widodo karena telah menandatangani Permenaker tersebut. 

"Permenaker 2 Tahun 2022 ditandatangani oleh menteri tenaga kerja. Padalah Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2015 ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Jokowi. Dengan demikian menteri tenaga kerja sudah melawan Presiden," terang Said Iqbal.

Said Iqbal juga meyakini bahwa dalam perumusan Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 tersebut, Ida Fauziyah tidak berkonsultasi terlebih dahulu dengan Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Reza Rahadian Bikin Netizen Heboh! Hadiahi Prilly Latuconsina Bunga di Hari Valentine 

"Bisa dipastikan Menteri ketenagakerjaan ketika menandatangani Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 tidak berkonsultasi dengan Presiden," ucap Said Iqbal.

Halaman:

Editor: Annisa Khairiyyah Rahmi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X