Tanggulangi Stunting, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Adakan Pengukuran Pada Balita

- Rabu, 30 November 2022 | 10:02 WIB
Tanggulangi Stunting, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Adakan Pengukuran Pada Balita (Pexels)
Tanggulangi Stunting, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Adakan Pengukuran Pada Balita (Pexels)

SLEMANNEWS.COM - Stunting menjadi salah satu isu yang diberi perhatian penuh oleh Dinas Kesehatan di Indonesia. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita. Akibat dari stunting adalah tubuh anak lebih pendek dibanding usianya.

Stunting terjadi sejak dalam kandungan yaitu pada periode 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK). Kekurangan gizi pada usia dini dapat menyebabkan angka kematian bayi dan anak.

Stunting disebabkan oleh banyak faktor. Sehingga memerlukan konvergensi lintas program dan lintas program dan lintas sektor serta upaya sinergitas pemerintah di berbagai tingkatan.

Baca Juga: Perhelatan NGAYOGJAZZ 2022 Dukung Ekonomi Masyarakat Sleman

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman sebagai penanggung jawab pengukuran dan publikasi stunting, telah melakukan pengukuran status gizi terutama stunting pada balita.

Kegiatan pengukuran panjang badan atau tinggi badan bersamaan dengan bulan penimbangan balita (dan distribusi kapsul vitamin A) dilakukan dua kali dalam setahun yang dikoordinasikan oleh dinas kesehatan.

Data pengukuran tinggi badan balita diinputdalam aplikasi elektronik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat ( ePPGBM) yang di entry oleh petugas gizi dibantu oleh kader.

Baca Juga: Wakil Bupati Sleman Imbau Masyarakat Agar Perkuat Persatuan Melalui Toleransi

Salah satu Intervensi penurunan Stunting terintegrasi yang dilaksanakan oleh Kabupaten Sleman adalah Aksi ke 7 yaitu pengukuran dan publikasi stunting.

Halaman:

Editor: Annisa Khairiyyah Rahmi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rajut Kebersamaan dengan Hapuskan Isu Primordial

Selasa, 25 Oktober 2022 | 17:35 WIB
X