• Senin, 26 September 2022

KPK Monitoring Program Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Sleman

- Jumat, 24 Juni 2022 | 12:57 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI lakukan kunjungan kerja dalam rangka pengawasan program percepatan penurunan prevalensi stunting. (Dokumentasi Wabup Sleman)
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI lakukan kunjungan kerja dalam rangka pengawasan program percepatan penurunan prevalensi stunting. (Dokumentasi Wabup Sleman)

SLEMANNEWS.COM- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI lakukan kunjungan kerja dalam rangka pengawasan program percepatan penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Sleman, Kamis (23/6).

Kunjungan tersebut diterima secara langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo danWakil Bupati Sleman Danang Maharsa di Ruang Rapat Sembada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman.

Kasatgas Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV KPK RI, Harun Hidayat menyampaikan bahwa kunjungan yang dilakukan pihaknya merupakan salah satu kegiatan pengawasan dalam pencegahan korupsi terhadap penyelenggaraan program nasional (percepatan penurunan stunting) di Pemerintah Daerah.

"Kami (Satgas Direktorat Korsupwil 4) diberikan tugas melakukan pengawasan program nasional yang mengambil fokus tematik Tahun 2022 mengenai Pengawasan Percepatan Penurunan Prevalensi Stunting pada Pemerintah Daerah," terang Harun Hidayat.

Pada kesempatan yang sama, Harun Hidayat mengatakan bahwa pengawasan terhadap penyelenggaraan program nasional di daerah perlu dilakukan karena menggunakan anggaran yang cukup besar setiap tahunnya.

Sementara Kabupaten Sleman, merupakan salah satu daerah yang memiliki angka stunting yang rendah yaitu 16 persen bahkan di bawah angka nasional pada tahun 2021 yang menyentuh angka 24 persen.


"DIY dipilih (Kunjungan KPK) karna termasuk tiga besar dengan angka stunting yang rendah dan mampu menekan angka stunting termasuk Kabupaten Sleman. Sedangkan untuk pengawasan (KPK) dilakukan dalam bentuk paparan program yang dilakukan Pemkab Sleman dari mulai perencanaan, penganggaran sampai dengan pengawasan yang dilakukan oleh masing - masing instansi penyelenggara program percepatan penurunan prevalensi stunting," terangnya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam kesempatan tersebut menyampaikan adanya kunjungan kerja KPK RI di Pemkab Sleman dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerja dalam rangka percepatan penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Sleman.

Kustini menuturkan bahwa Pemkab Sleman berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai target penurunan prevalensi stunting menjadi 14% pada tahun 2024.

Halaman:

Editor: Annisa Khairiyyah Rahmi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X